Brasil Segera Pindahkan Kedubes untuk Israel ke Yerusalem, RI Prihatin

Wisata sejarah di Yerusalem
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Presiden terpilih Brasil yang berasal dari golongan politik sayap kanan, Jair Bolsonaro baru-baru ini menyatakan bahwa negaranya akan segera memindahkan Kedutaan Brasil untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem. Hal ini menandai upaya negara besar kedua di Amerika yang melakukan langkah kontroversial setelah dimulai oleh Amerika Serikat.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Dikutip dari laman Telegraph, pemindahan Kedubes Brasil ini akan membuat warga Palestina dan perjuangan mereka mendapatkan kemerdekaan terdesak setelah sejumlah negara mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

"Seperti yang saya nyatakan dalam kampanye saya yakni memindahkan Kedutaan Brasil dari Tel Aviv ke Yerusalem. Israel adalah negara yang berdaulat dan kita seharusnya menghormati hal itu," kata Bolsonaro melalui akun Twitter resminya.

Mantan Komandan IDF Sebut Netanyahu Bikin Israel Semakin Terpuruk

Kebijakan ini lantas langsung menguatkan citra diri Bolsonaro sebagai Tropical Trump atau "Trump di Negara Tropis" dengan gaya politik konservatif dan cenderung puritan tersebut. Israel selama ini memang mengklaim Yerusalem, sedangkan Palestina memperjuangkan Yerusalem Timur sebagai negara masa depan mereka.

Sengketa ini bahkan sedang diupayakan dalam penyelesaian Two States Solution atau ‘Solusi Dua Negara’.

Biadab! Israel Eksekusi Anak Palestina Beramai-ramai dari Usia 4-16 Tahun

Sementara itu, Indonesia, negara yang konsisten mendukung perjuangan Palestina mengecam langkah Brasil tersebut. 

"Indonesia sangat prihatin dengan pernyataan Presiden terpilih Brasil mengenai rencana pemindahan Kedutaan Besar Brasil dari Tel Aviv ke Jerusalem," dicuitkan dalam akun Twitter Kemlu RI MoFA Indonesia pada Senin, 5 November 2018.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melepas bantuan kemanusiaan ke Gaza

Tak Dapat Izin, Bantuan Kemanusiaan RI untuk Gaza Diterjunkan AU Yordania

 Bantuan kemanusiaan Indonesia via udara atau airdrop untuk warga Gaza, Palestina, diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Hercules C-130 J milik TNI Angkatan Udara

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024