Boeing Bakal Beri Panduan Maskapai Pengguna 737 Max 8 di Dunia

Boeing 737 MAx 8
Sumber :
  • Dokumentasi Lion air.

VIVA – Pasca insiden yang terjadi pada Lion Air JT 610 pada 29 Oktober lalu, pabrikan pesawat Boeing dikabarkan akan menyurati maskapai pengguna Boeing 737 Max 8 di seluruh dunia. Surat itu terkait panduan pembacaan kokpit bagi pilot dalam mengoperasikan pesawat ini. 

Boeing Didenda Rp3 Triliun Terkait Tragedi 737 MAX

Dilansir dari The Guardian, Rabu 7 November 2018, Boeing mewacanakan tersebut, menyusul terungkapnya data dari kotak hitam JT 610 bahwa ada masalah dengan instrumen kokpit dalam empat penerbangan terakhir. Diketahui, indikator kecepatan di pesawat itu bermasalah. 

Meskipun belum dipastikan kerusakan itu yang menjadi penyebab kecelakaan, panduan untuk maskapai dan pilot ini bakal dikeluarkan untuk memastikan insiden yang menewaskan 189 orang ini tak terjadi lagi di masa depan. 

Boeing 737 Max Diizinkan Lagi Beroperasi? Ini Penjelasan Kemenhub

Sementara itu The Wall Street Journal melaporkan, bahwa regulator penerbangan Amerika Serikat (FAA) juga akan mengeluarkan peringatan keselamatan tentang kemungkinan terjadinya kerusakan perangkat lunak pada kontrol penerbangan. 

Hal ini mengingat banyak maskapai AS yang menggunakan pesawat jenis ini. Hingga saat ini pihak Boeing belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai wacana ini. 

China Batalkan Pembelian 29 Pesawat Jet Boeing 737 Max 
Pesawat Boeing 737 Max

Alamak! Boeing Diguncang Skandal Baut Kemudi Pesawat 737 MAX Lepas

Badan Penerbangan Federal (FAA) AS mendesak maskapai penerbangan untuk memeriksa pesawat 737 MAX buatan Boeing menyusul temuan kemungkinan baut kemudi pesawat lepas

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023