Logo ABC

Demi Masa Depan Anak, Orang Tua di China Berlomba Jadi Ambisius

Seorang bocah di China saat tampil di atas panggung.
Seorang bocah di China saat tampil di atas panggung.
Sumber :
  • abc

Kebanyakan orang tua begitu ambisius jika menyangkut masa depan anak mereka, tetapi ketika resume 15 halaman bocah berusia lima tahun bocor di dunia maya, hal itu mengejutkan media sosial China.

Poin Utama Orang Tua Poin kunci:

• Orangtua menempatkan harapan yang semakin tidak realistis pada anak-anak mereka

• Semua orang menginginkan anak yang super berbakat atau anak "Niuwa"

• Jumlah sekolah swasta bilingual telah meningkat 30 persen hanya dalam beberapa tahun

Dokumen yang mengejutkan itu mengklaim bocah tersebut mulai membaca puisi China kuno dari usia dua tahun, membaca lebih dari 500 buku berbahasa Inggris setiap tahun dan menikmati piano, hip-hop, sepak bola, berenang dan telah berkeliling dunia.

Resume dari sebuah aplikasi ke sekolah bilingual internasional yang populer di Shanghai tersebut telah menerima lebih dari 20.000 komentar di Weibo, dengan banyak yang mengatakan hal itu merupakan penghinaan bagi orang tua dari anak-anak "biasa".

Ibu asal Shanghai, Jiang Yin, yang memiliki seorang putri berusia 11 tahun, mengatakan kepada ABC bahwa sifat kompetitif pendidikan di China adalah penyebabnya.

"Prestasi berderet dan resume yang sangat mengesankan ini terlalu umum," katanya.

Menyusun, dan dalam banyak kasus membuatnya sangat padat, resume untuk anak-anak kecil adalah keharusan ketimbang pengecualian ketika menyangkut sekolah-sekolah top, kata Dr Xiong Bingqi, wakil kepala Institut Penelitian Pendidikan abad 21 di Beijing.

"Sangat umum bahwa orang tua akan mempersiapkan resume yang dirancang dengan baik untuk anak mereka untuk mengesankan sekolah sehingga mereka memiliki kesempatan lebih besar untuk direkrut," katanya.