Logo ABC

China Kemungkinan Tanyai Menlu Australia Terkait Pemblokiran Investasi

Menlu Australia Marise Payne mengunjungi Beijing pekan ini, diharapkan untuk menormalkan kembali hubungan kedua negara.
Menlu Australia Marise Payne mengunjungi Beijing pekan ini, diharapkan untuk menormalkan kembali hubungan kedua negara.
Sumber :
  • abc

Australia telah memblokir kesepakatan investasi China senilai 13 miliar dolar dengan pertimbangan "keamanan nasional". Menlu Marise Payne yang berkunjung ke Beijing hari Kamis (8/11/2018) kemungkinan akan menghadapi pertanyaan mengenai hal itu.

Kedatangannya di ibukota China dilihat sebagai pertanda normalnya kembali kedua negara setelah mengalami ketegangan politik selama lebih dari setahun.

Tetapi para analis di China mengatakan Menlu Payne kemungkinan diminta untuk menjelaskan keputusan yang disampaikan Menteri Perbendaharaan Negara (Treasurer) Josh Frydenberg itu.

Frydenberg sebelumnya menyatakan akan memblokir upaya China mengambilalih bisnis pipa gas terbesar di Australia senilai 13 miliar dolar dari pihak AS.

Penilaian awal Frydenberg terhadap CK Asset Holding Limited yang berbasis di Hong Kong itu didasarkan atas kekhawatiran kepemilikan asing.

Sebelumnya perusahaan telekomunikasi China Huawei juga telah dilarang terlibat dalam pembangunan jaringan 5G di Australia karena pertimbangan keamanan nasional.

"Jika memiliki hubungan ekonomi yang menguntungkan, kita harus saling mempercayai satu sama lain," kata Prof Jia Qingguo dari Universitas Peking.