Logo ABC

PNG Kirim Pengungsi Kembali ke Manus Island Sebelum KTT APEC

Lebih dari 20 pengungsi sudah dikembalikan ke Manus Island setelah menjalani perawatan medis di Port Moresby.
Lebih dari 20 pengungsi sudah dikembalikan ke Manus Island setelah menjalani perawatan medis di Port Moresby.
Sumber :
  • abc

Pemerintah Papua Nugini telah memindahkan lebih dari 20 pengungsi dari ibukota Port Moresby ke Manus Island, menjelang KTT APEC yang akan dilangsungkan minggu depan.

Pengungsi Manus Island Pengungsi mengatakan perawatan medis di Port Moresby belum selesai ketika mereka dipindahkan Polsi membantah pernyataan kepala polisi dan mengatakan pemindahan ada hubungan dengan KTT APEC yang akan dihadiri Presiden China Xi Jinping dan Wakil Presiden AS Mike Pence

Lebih dari 20 pengungsi itu sebelumnya berada di Port Moresby untuk menjalani perawatan medis sekarang sudah dikirim kembali ke Manus Island, dan sekitar 20 pengungsi yang masih berada di Port Moresby akan dikirim kembali minggu ini.

Polisi PNG mengatakan ini adalah bagian dari persiapan keamanan karena negeri itu akan menjamu pemimpin dunia antara lain PM Australia Scott Morrison, Presiden China Xi Jinping, dan Wakil Presiden AS Mike Pence.

"Sekitar pukul 4 pagi, saya terbangun dengan teriakan polisi yang membawa daftar di tangannya," kata seorang pengungsi yang tidak mau disebut namanya kepada ABC.

"Mereka masuk ke setiap ruangan dengan kunci duplikat dan mencari orang yang ada dalam daftar mereka."

Polisi mengatakan 21 pengungsi yang dibawa ke Port Moresby untuk perawatan medis sekarang sudah dikirim kembali ke Manus Island.