Logo ABC

Semakin Banyak Pernikahan di Australia Larang Tamu Memotret

Defendi dan Ken Woo meminta tamu undangannya untuk menyingkirkan kamera dan ponsel mereka selama upacara pernikahan tanpa gawai dan media sosial mereka.
Defendi dan Ken Woo meminta tamu undangannya untuk menyingkirkan kamera dan ponsel mereka selama upacara pernikahan tanpa gawai dan media sosial mereka.
Sumber :
  • abc

Hidup di zaman teknologi dan media sosial seperti sekarang ini, nyaris tidak ada momen dalam kehidupan orang yang terlewat diabadikan dan diunggah ke media sosial, termasuk pernikahan.

Namun kini ada sebagian orang yang memilih menolaknya dengan melarang para undangan mengabadikan momen istimewa tersebut.

Industri pernikahan menyebut konsep pernikahan semacam ini dengan sebutan "unplugged weddings" atau “pernikahan tanpa gawai dan media sosial", di mana pasangan yang akan menikah meminta para tamu mematikan koneksi internet dan tidak mengambil foto selama upacara pernikahan berlangsung.

Pasangan, selebriti, dan fotografer pernikahan yang diwawancarai ABC mengatakan konsep ini mengutamakan rasa kehadiran - dan sedikit soal bagaimana hari istimewa itu akan terlihat di internet.

Jika Anda seorang tamu, mungkin ada sesuatu di dalam konsep pernikahan semacam ini yang juga ditujukan untuk kepentingan anda, dimana riset menunjukkan bahwa tidak mengambil foto akan dapat meningkatkan ingatan Anda tentang hari itu.

Menghormati kekhusyukan acara pernikahan tanpa gawai dan media sosial Beberapa pasangan menggunakan tanda peringatan untuk memberi tahu tamu bahwa mereka tidak ingin acara tersebut diambil gambarnya. Di lain waktu, diumumkan sebelum upacara dimulai.

ABC Life: Luke Wong