Logo BBC

Bagaimana AS Dapat Mencapai Kesepakatan Nuklir Iran yang Baru

Calon presiden seperti Elizabeth Warren harus menerima kenyataan bahwa kesepakatan Iran sebelumnya tidak akan pernah kembali. -AFP
Calon presiden seperti Elizabeth Warren harus menerima kenyataan bahwa kesepakatan Iran sebelumnya tidak akan pernah kembali. -AFP
Sumber :
  • bbc

Pemilu sela Amerika telah berakhir. Kampanye presiden AS 2020 dimulai sekarang. Mantan Asisten Menteri Luar Negeri AS PJ Crowley memiliki beberapa saran bagi para calon bagaimana merencanakan strategi Iran.

Mungkin politik yang bagus untuk berkampanye tentang "Apa Saja Selain Trump", seperti yang persis dilakukan Donald Trump dengan Barack Obama, tetapi itu adalah pendekatan kebijakan yang salah, khususnya mengenai Iran.

Pada kampanye tahun 2016, Donald Trump menyebut kesepakatan nuklir Iran adalah "yang terburuk yang pernah ada."

Meskipun staf kunci dari tim keamanan nasionalnya lebih memilih untuk tetap mengikuti kesepakatan itu dan bekerja untuk meningkatkan ketentuannya, Trump tetap menarik AS dari kesepakatan itu, karena itu adalah pencapaian kebijakan luar negeri Obama.

Minggu ini administrasi Trump kembali mengimplementasikan itu sepenuhnya ke strategi masa depan Iran. Kesepakatan dihentikan. Isolasi politik dan ekonomi kembali dilakukan. Sanksi komprehensif dipulihkan, terfokus secara signifikan pada sektor energi, perbankan, perkapalan, dan pembuatan kapal Iran.

Tujuan AS adalah untuk membatasi sumber daya ke Teheran karena tidak membantu Timur Tengah, khususnya di negara-negara konflik seperti Suriah dan Yaman, dan memaksa negosiasi ulang kesepakatan nuklir.

Iran, menyatakan agar Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, "harus meninggalkan jalur revolusionernya saat ini".