Logo ABC

Bantuan Dipotong, Ribuan Warga Australia Terancam Kelaparan

Foodbank mengungkapkan pemerintah Australia memotong dana badan amal ini sehingga mengancam penyaluran bahan makanan senilai jutaan dolar.
Foodbank mengungkapkan pemerintah Australia memotong dana badan amal ini sehingga mengancam penyaluran bahan makanan senilai jutaan dolar.
Sumber :
  • abc

Pemerintah Australia memotong bantuan dana badan amal Foodbank mulai awal 2019, dan diperkirakan akan menyebabkan ribuan orang terancam kelaparan. Setiap bulan Foodbank menyalurkan makanan bagi 710 ribu warga yang membutuhkan.

Selama ini Foodbank menerima 750.000 dolar (sekitar Rp 8 miliar) dari pemerintah. Namun badan amal ini mendapatkan pemberitahuan dananya akan dipangkas menjadi 427.000 dolar.

CEO Foodbank Brianna Casey menjelaskan pemotongan dana ini berisiko pada keluarga yang sangat membutuhkan. Setara dengan nilai bahan makanan 8 juta dolar.

"Kami menyalurkan makanan untuk 710.000 orang per bulan saat ini. Lebih dari seperempatnya adalah anak-anak," jelas Casey kepada ABC.

Para penerima bahan makanan ini, katanya, bukan hanya para tunawisma di jalanan. Namun juga rumah tangga biasa yang membutuhkan.

"Mereka itu ibu dan ayah, orang tua dan pensiunan, mahasiswa, orang yang menghadapi krisis dalam hidupnya dan orang lainnya yang membutuhkan makanan," kata Casey.

Salah seorang penerima bantuan Foodbank bernama Diane dari negara bagian Victoria, merasa sangat terbantu selama 18 bulan terakhir.