Logo BBC

Perang Dunia I dalam Potret Inframerah

- BBC
- BBC
Sumber :
  • bbc

Memperingati 100 tahun berakhirnya Perang Dunia I, fotografer Jonathan Beamish mendokumentasikan jejak konflik berskala global tersebut menggunakan teknik fotografi inframerah.

Beamish mengabadikan lanskap yang berubah akibat Perang Dunia I menggunakan teknik fotografi inframerah di beberapa medan perang utama di Prancis dan Belgia.

"Di banyak tempat, bentang alam masih menunjukkan jejak-jejak peperangan yang sangat jelas," kata Beamish.

"Saya selalu tertarik pada fotografi inframerah karena itu membuat kita bisa melihat lebih dari penglihatan normal, ada warna-warna lain yang muncul dan Anda bisa melihat hal-hal yang hanya terlihat dalam gelap."

Beamish telah bereksperimen dengan teknik ini selama beberapa waktu, dan mengetahui fungsi inframerah dalam pengawasan militer.

"Saya mulai di Solferino dekat Danau Garda di Italia, lokasi perang satu hari pada 1859 yang menewaskan 40 ribu orang. Kengerian di Solferino, terutama kurangnya pertolongan pada mereka yang terluka adalah awal berdirinya Palang Merah Internasional," papar Beamish.

Dari situ Beamish mulai mendokumentasikan jejak-jejak Perang Dunia I dan konflik yang berakhir dengan gencatan senjata 100 tahun lalu.