Canggihnya Korut Sembunyikan 13 Basis Misil Nuklir Rahasia

Foto satelit aktivitas di rektor nuklir Yongbyon, Korea Utara.
Sumber :
  • Repro 38 North Org

VIVA – Korea Utara diduga mengoperasikan sebanyak 13 basis rahasia untuk menyembunyikan misil atau rudal berkemampuan nuklir. 

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Hal ini diungkapkan para peneliti di Center for Strategic and International Studies atau CSIS di Washington yang mengatakan telah menemukan 13 pangkalan operasi rudal rahasia yang tak diungkapkan oleh pemerintah Korut. Bahkan diduga ada total 20 basis rudal tersebut.

"Ini tidak seperti pangkalan-pangkalan yang sudah dibekukan. Pekerjaan sedang berlangsung. Apa yang semua orang khawatirkan adalah Trump akan menerima kesepakatan yang buruk," kata Victor Cha, pemimpin program Korut di CSIS.

Ternyata Rusia Gunakan Rudal Termonuklir Buat Bombardir Ibukota Ukraina

Basis rahasia yang tersebar di seluruh negara terletak di fasilitas bawah tanah di lembah gunung yang sempit.

Menurut para peneliti CSIS, basis tersebut dirancang untuk memungkinkan peluncur rudal mobile untuk dikeluarkan dari fasilitas bawah tanah dan dipindahkan ke lokasi peluncuran yang disiapkan sebelumnya.

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

"Setiap rudal di pangkalan-pangkalan ini dapat mengambil hulu ledak nuklir," kata penulis laporan, Joseph Bermudez, seperti dikutip dari Channel News Asia. Basis atau pangkalan tersebut diatur di tiga wilayah utama di Korut,dengan rudal-rudal strategis lainnya.

Sakkanmol

Laporan tersebut juga mengungkap salah satu pangkalan operasi rudal taktis yang diilustrasikan dengan citra satelit komersial berjarak hanya 84 Mile barat laut dari Seoul.

Citra tersebut memperlihatkan pintu masuk yang nyaris tidak terlihat ke tujuh fasilitas bawah tanah pangkalan rudal Sakkanmol, masing-masing dilindungi dari tembakan artileri dan serangan udara dengan tanggul setinggi 18 Meter yang terbuat dari batu dan kotoran yang digali dari lokasi.

Ukuran pintu masuk serta volume tanah yang dibuang menunjukkan pangkalan itu bisa menjadi rumah satu unit rudal seukuran brigade dengan 18 peluncur bergerak, dilansir laporan itu.

Tersembunyi di bawah dua tempat penampungan yang tertutup di dekat salah satu pintu masuk adalah fasilitas drive-through di mana peluncur rudal dipersenjatai, dipicu dan dipelihara.

Pintu masuk ke fasilitas bawah tanah sering tersembunyi dari pandangan dalam citra satelit selama musim semi dan musim panas dan hanya terlihat selama musim gugur dan kadang terlihat di musim dingin setelah hujan salju.

Pentagon karena itu telah merencanakan untuk mulai mengerahkan satelit generasi baru untuk melacak rudal bergerak Korea Utara namun program tersebut tertahan oleh perselisihan birokrasi dan anggaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya