Logo ABC

Sepi Peminat, Qantas Tutup Penerbangan ke Wilayah Utara Australia

Qantas mengatakan rute-rute yang dihentikan karena permintaan yang terus melemah.
Qantas mengatakan rute-rute yang dihentikan karena permintaan yang terus melemah.
Sumber :
  • abc

Maskapai nasional Australia Qantas akan menghentikan beberapa rute penerbangan mingguan di seluruh wilayah utara Australia (NT). Sebuah keputusan yang bisa menggambarkan terus menurunnya jumlah kunjungan pariwisata di kawasan tersebut.

Awal bulan ini, lembaga Tourism Research Australia menemukan jumlah pengunjung internasional ke ujung utara Australia turun 7 persen menjadi 283.000 orang saja di tahun ini hingga 1 Juni.

Dan sementara perjalanan domestik yang berlangsung semalaman (overnight) meningkat di seluruh negara bagian lain, di wilayah utara Australia justru turun 11 persen.

Qantas kini telah menghentikan penerbangan langsung dari Cairns ke Alice Springs dan Darwin, di mana sebuah sumber dari perusahaan penerbangan itu mengatakan kepada ABC bahwa beberapa penerbangan di rute tersebut "hampir kosong" tanpa penumpang.

Qantas juga telah menghentikan lima penerbangan mingguan dari Perth ke Alice Springs dan empat dari ibu kota Australia Barat ke Darwin.

Satu-satunya kabar menyenangkan bagi birokrat pariwisata berbasis di Australia Utara (NT) adalah penambahan dua penerbangan Qantas mingguan dari Darwin dan Adelaide ke Uluru, dan program diskon baru bagi penduduk Alice Springs yang terbang ke Darwin.

Qantas juga mengatakan Jetstar akan meningkatkan layanannya dari Cairns ke wilayah utara (NT).