Logo BBC

Perempuan yang Punya Anak dari Rahim Donasi Sang Ibu

Meenakshi Valand adalah perempuan ke-12 di dunia yang melahirkan setelah menjalani transplantasi. - Galaxy Care Hospital
Meenakshi Valand adalah perempuan ke-12 di dunia yang melahirkan setelah menjalani transplantasi. - Galaxy Care Hospital
Sumber :
  • bbc

Meenakshi Valand adalah satu dari sejumlah orang di dunia yang melahirkan bayi setelah mengalami transplantasi rahim. Dan dia sangat gembira.

"Saya tidak bisa berhenti menangis setelah anak perempuan saya lahir. Ini adalah air mata kebahagiaan, saya kehilangan enam anak dalam beberapa tahun terakhir," katanya kepada BBC.

Perempuan berumur 28 tahun ini melahirkan di India bulan lalu setelah menerima rahim yang disumbangkan ibunya.

Selama pernikahannya yang telah berlangsung selama sembilan tahun, Meenakshi kehilangan dua bayinya setelah hamil secara penuh, mengalami empat keguguran dan akhirnya menderita rahim yang memiliki parutan bekas luka.

Dia mengalami keadaan yang dinamakan sindroma Ashermans.

Tetapi dia tidak menyerah. "Saya menginginkan anak saya sendiri. Saya tidak ingin menyewa rahim perempuan lain atau surogasi."

Menurut International Journal of Applied Research, sekitar 15% penduduk usia subur bermasalah, dan 3-5?ri kasus ini disebabkan karena tidak berfungsinya rahim.