Logo BBC

Gencatan Senjata Gaza Dicapai, Menteri Pertahanan Israel Malah Mundur

Avigdor Lieberman memperingatkan Israel akan "merusak langkah penangkisan dalam jangka panjang". - Reuters
Avigdor Lieberman memperingatkan Israel akan "merusak langkah penangkisan dalam jangka panjang". - Reuters
Sumber :
  • bbc

Menteri Pertahanan Israel mengundurkan diri karena kabinet memutuskan untuk menerima gencatan senjata guna mengakhiri perang dua hari dengan kelompok-kelompok Palestina di Gaza.

Avigdor Lieberman, yang merupakan pimpinan partai Yisrael Beiteinu, menegaskan langkah tersebut sama dengan "menyerahkan diri kepada teror".

Dia juga mengecam usaha untuk menengahi upaya mewujudkan perdamaian jangka panjang dengan kelompok Hamas yang menguasai wilayah Jalur Gaza.

Delapan orang tewas pada hari Senin dan Selasa. Kelompok-kelompok militan di Gaza menembakkan 460 roket ke arah Israel dan pasukan Israel mengebom 160 sasaran di Gaza.

Hamas dan kelompok militan Palestina lainnya pada hari Selasa sore (13/11) menerima usulan gencatan senjata yang ditengahi Mesir dan akan mematuhinya jika Israel melakukan hal yang sama.

Kabinet keamanan Israel pada mulanya mengatakan hanya memerintahkan militer untuk melanjutkan operasi yang diperlukan, tetapi Lieberman dan seorang menteri lain tampak mengukuhkan bahwa kabinet telah menyetujui gencatan senjata ketika mereka menolak untuk mendukungnya.

Gencatan senjata pada umumnya dipatuhi pada hari Rabu (14/11). Sekolah dan tempat usaha di Israel selatan telah dibuka kembali setelah dilaporkan sudah tidak ada serangan roket.