Kelabui Singapura, Dokter Tukar Darah Kekasih HIV demi Pekerjaan

HIV/AIDS
Sumber :
  • http://asek.us/penderita-hiv-aids-masih-punya-harapan-sembuh/

VIVA – Seorang dokter di Singapura dijatuhi hukuman penjara dua tahun setelah menukar sampel darahnya sendiri sebagai ganti sampel darah pacarnya yang positif mengidap HIV.

10 Negara Paling Bahagia di Asia, Indonesia Peringkat Berapa?

Hal itu dilakukan demi membantu pacarnya yang berkewarganegaraan Amerika agar mendapatkan izin kerja di Singapura sebagaimana dilansir The Star belum lama ini.

Pada September, dokter bernama Ler Teck Siang dinyatakan bersalah karena membantu Mikhy Farrera-Brochez menipu Kementerian Tenaga Kerja untuk mendapatkan izin kerja. 

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Ler juga dinyatakan bersalah karena berbohong kepada penyelidik Kementerian Kesehatan pada Desember 2013 dan seorang petugas polisi pada Januari 2014 untuk menutupi kebenaran ketika dia ditanyai tentang tes darahnya.

Sementara itu, Farrera-Brochez, seorang dosen Politeknik di Singapura, dijatuhi hukuman 28 bulan penjara tahun lalu karena pelanggaran termasuk kecurangan, berbohong kepada pegawai negeri, memiliki obat-obatan, dan menggunakan sertifikat pendidikan palsu.

Bansos Disoalkan, Airlangga Bandingkan dengan Negara Lain: Lebih Rendah dari India hingga Amerika

Dia pindah ke Singapura setelah bertemu Ler lewat media sosial. Pada Maret 2008, warga Amerika itu menjalani tes HIV di sebuah klinik Singapore Anti-Tuberculosis Association (SATA) menggunakan paspor Bahama palsu. Dia terbukti positif HIV.

Farrera-Brochez diuji di klinik tempat Ler bekerja untuk pemeriksaan medis. Namun, sampel darah yang diberi label dengan namanya sebenarnya berasal dari Ler. Sampel yang diuji dibuat negatif dan Farrera-Brochez saat itu mendapatkan kartu izin kerja.

Rombongan Emak-emak Makan di Bandara Changi Singapura

Berasa di Curug, Emak-emak Indonesia Gelar Tikar dan Makan Lesehan di Bandara Changi

Media sosial kembali dihebohkan dengan rombongan emak-emak yang tengah makan bersama sambil lesehan di Bandara Changi, Singapura. Tak lupa, mereka juga membawa cobek.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024