Dengan India dan ASEAN, Jokowi Ingin Perkuat Maritim

ASEAN-India Informal Breakfast Summit
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA – Kerja sama di sektor maritim, menjadi fokus usulan Presiden RI Joko Widodo dalam ASEAN-India Informal Breakfast Summit. Melalui penguatan kerja sama keamanan maritim, diharapkan pertumbuhan ekonomi akan ikut terdongkrak.

Beda Gaya Jokowi dan PM Narendra Modi saat Menjajal Jalan Tol Baru

Hal itu dikatakan Presiden Jokowi dalam pertemuan yang digelar di Suntec Convention Centre, Singapura, pada Kamis 15 November 2018.

"Indonesia, ASEAN, dan India memiliki shared vision kerja sama maritim dengan menekankan upaya untuk memperkuat investasi dan perdagangan, menjaga keberlanjutan sumber daya laut, dan meningkatkan keamanan maritim," ujar Presiden Jokowi, seperti dalam siaran pers Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. 

Gokil, Hercules dan Jet Tempur India Mendarat di Jalan Tol

Mewujudkan keamanan maritim di Pasifik, menurut Presiden, bisa dicapai dengan memperkuat kawasan Indo-Pacific. Dengan memperkuat konektivitas. "Kerja sama maritim adalah kunci utama kemitraan ASEAN-India. Laut yang aman adalah common destiny kita," katanya.

Dengan mengoptimalkan Indo-Pacific, Jokowi yakin ASEAN dan India semakin bisa berkontribusi dalam kesejahteraan dan juga perdamaian. 

Sertifikat Vaksin di India Malah Ada Gambar Muka PM Dikecam

"ASEAN-India akan terus tumbuh lebih sejahtera, dan dapat terus berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas dan kemakmuran kawasan," kata Kepala Negara.

ASEAN-India Informal Breakfast Summit dihadiri oleh kepala negara/kepala pemerintahan ASEAN, juga dihadiri oleh Perdana Menteri India Narendra Modi.

Mobil dinas Perdana Menteri India, Narendra Modi

Mobil Baru Perdana Menteri India Jadi Sorotan

Perdana Menteri India, Narendra Modi diketahui mendapatkan mobil dinas baru Mercedes Maybach buatan Jerman.

img_title
VIVA.co.id
1 Januari 2022