Logo BBC

Mengaku Lelah dan Ngantuk, Duterte Absen Banyak Agenda KTT ASEAN

Rodrigo Duterte sebelumnya mengaku lelah menjalani tugas sebagai presiden Filipina dan siap mundur dari jabatan. - Getty Images
Rodrigo Duterte sebelumnya mengaku lelah menjalani tugas sebagai presiden Filipina dan siap mundur dari jabatan. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Presiden Filipina Rodrigo Duterte melewatkan sejumlah pertemuan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-33 ASEAN di Singapura dengan alasan `tidur singkat siang hari`.

Duterte, Rabu (14/11), dilaporkan tak menghadiri empat agenda dalam KTT itu setelah tertangkap basah tengah tertidur.

Duterte yang kini berusia 73 tahun lantas angkat bicara tentang peristiwa itu, "Apa yang salah dengan tidur saya?"

Sebelumnya, Duterte juga sempat melewatkan sejumlah agenda dalam pertemuan tingkat tinggi lainnya, termasuk yang berlangsung di Filipina.

Kesehatan merupakan salah satu spekulasi yang paling mencuat dari kebiasaan Duterte itu. Oktober lalu, Duterte mengumumkan dirinya mengidap kanker.

Saat ditanya apakah memiliki waktu istirahat yang cukup, Duterte berkata jam tidurnya singkat, tapi cukup untuk menjaga daya tahan tubuhnya hingga akhir penyelenggaraan KTT ASEAN.

Juru bicara Duterte, Salvador Panelo, menyebut sang presiden bekerja hingga larut malam dan hanya sempat tidur selama tiga jam.