Logo ABC

Miliki Ribuan Gambar Propaganda ISIS, Pria Perth Dibatalkan Paspornya

WA Premier Mark McGowan mengatakan dia yakin ASIO sedang memantau pekerja hotel Perth yang ditemukan dengan propaganda IS.
WA Premier Mark McGowan mengatakan dia yakin ASIO sedang memantau pekerja hotel Perth yang ditemukan dengan propaganda IS.
Sumber :
  • abc

Seorang pria asal Perth, Australia Barat dibatalkan paspornya karena Badan Intelijen Dalam Negeri Australia (ASIO) meyakini ia telah menjadi pendukung kelompok teroris Negara Islam (ISIS).

Pria berusia 24 tahun, yang dilaporkan bekerja di sebuah hotel di Perth, memiliki ribuan gambar di laptop dan kartu memorinya yang berisi propaganda Negara Islam ISIS atau menggambarkan kekejaman di Timur Tengah.

Menteri Utama Mark McGowan mengatakan dia yakin ASIO melakukan apa yang bisa dilakukan.

"Mengingat apa yang terjadi di Melbourne, dan beberapa peristiwa lain di Australia, hal-hal ini adalah sesuatu yang perlu diperhatikan oleh pemerintah, kita harus memperhatikan orang-orang ini dan kecenderungan semacam ini dengan sangat erat," kata Perdana Menteri.

"Sekarang saya yakin bahwa ASIO memantau orang-orang ini sebaik mungkin dan bahwa badan keamanan nasional menangani masalah ini sebaik mungkin."

"Kami menerima briefing reguler di COAG tentang hal-hal ini dan jelas itu adalah masalah yang memprihatinkan, khususnya di Sydney dan Melbourne, tetapi saya berharap bahwa ASIO juga memantau orang-orang ini di Australia Barat."

Pria, yang lahir di Australia, pertama kali diwawancarai oleh ASIO pada tahun 2012 dan ada upaya yang gagal untuk mengadakan wawancara lebih lanjut pada tahun 2015.