Logo BBC

Israel Penjarakan Penyebar Ribuan Hoaks di Pusat Kegiatan Yahudi

Michael Ron David Kadar (kanan) ditangkap di kota Ashkelon, Israel pada bulan Maret 2017. - AFP Getty
Michael Ron David Kadar (kanan) ditangkap di kota Ashkelon, Israel pada bulan Maret 2017. - AFP Getty
Sumber :
  • bbc

Pengadilan Israel menjatuhkan hukuman penjara 10 tahun kepada Michael Ron David Kadar, yang menyebarkan hoaks, termasuk ancaman bom di berbagai tempat kegiatan Yahudi.

Michael Ron David Kadar, 20 tahun, yang berasal dari Israel bagian selatan, dinyatakan bersalah pada bulan Juni karena membuat lebih dari 2.000 hoaks.

Dia mengancam akan membom atau menyerang sekolah, pusat kegiatan masyarakat, pos polisi, bandara dan maskapai penerbangan Yahudi.

Tindakannya ini dikhawatirkan akan menimbulkan ketakutan di antara para pemimpin Yahudi terkait dengan sikap anti-Semitisme.

Pada bulan Februari 2017, beberapa sekolah Yahudi Inggris dan Museum Yahudi di London diungsikan karena ada ancaman bom yang dikaitkan dengan Kadar.

Dalam kejadian lain, penumpang penerbangan Bristish Airways dari London ke New York dievakuasi dan diperiksa setelah mendarat, dan jet tempur Prancis dan Swiss dalam keadaan waspada siap menghambat penerbangan Israel, El Al.

Ancaman bom juga dilancarkan kepada sejumlah pusat kegiatan masyarakat Yahudi di beberapa tempat di Amerika Serikat, kedutaan Israel dan satu organisasi, Anti-Defamation League di Washington DC.