Logo ABC

Kacau, Pilot Tertidur hingga Pesawat Lewati Bandara Tujuan

Tidak diketahui jelas bagaimana pilot Vortex Air akhirnya terbangun dan menyadari apa yang terjadi dengan penerbangannya.
Tidak diketahui jelas bagaimana pilot Vortex Air akhirnya terbangun dan menyadari apa yang terjadi dengan penerbangannya.
Sumber :
  • abc

Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) kini menangani kasus pesawat kargo yang melewati bandara tujuan sejauh 46 Kilometer gara-gara pilotnya dilaporkan tertidur.

Penerbangan kargo Vortex Air dari Kota Devonport di Tasmania menuju pulau King Island tersebut terjadi pada 8 November lalu.

"Selama penerbangan, pilot sempat tertidur, sehingga pesawat tersebut melewati pulau King Island sejauh 46 Kilometer," kata ATSB.

Pilot pesawat Piper PA-31 merupakan satu-satunya orang di pesawat ketika pesawat tersebut melewati bandara tujuan sekitar Pukul 7:15 pagi.

Konsultan penerbangan dari Strategic Aviation Solutions Neil Hansford menjelaskan pesawat ini dipastikan menggunakan autopilot.

Dalam kondisi demikian, katanya, jika pilotnya tertidur maka pesawat tersebut akan terus terbang sampai kehabisan bahan bakar.

"Dalam beberapa kasus tangki bahan bakar harus dialihkan, jadi begitu mengalami kekurangan bahan bakar pesawatnya akan jatuh," jelas Hansford.