Logo ABC

Penggunaan Kantong Plastik Turun 80 Persen di Australia

Sejak bulan Juli dua supermarket besar Australia Coles dan Woolworths tidak lagi menyediakan kantong plastik belanja.
Sejak bulan Juli dua supermarket besar Australia Coles dan Woolworths tidak lagi menyediakan kantong plastik belanja.
Sumber :
  • abc

Dihentikannya penyediaan kantong plastik belanja oleh dua supermarket terbesar di Australia Coles dan Woolworth telah menyebabkan turunnya penggunaan kantong plastik sebanyak 80 persen.

Penggunaan kantong plastik

  • Supermarket besar sudah mengurangi penyediaan kantong plastik sejak Juli
  • David Stout dari Asosiasi Ritel Nasional mengatakan pelarangan merupakan tindakan "berani" oleh supermarket besar di Australia
  • Dia berhadap bisnis besar juga akan melarang opsi pembungkus makanan dari plastik

Penurunan itu berarti sekitar 1,5 miliar kantong plastik tidak digunakan selama beberapa bulan terakhir sejak pelarangan diberlakukan bulan Agustus 2018.

Pada awalnya keputusan Coles dan Woolworths untuk menghentikan penyediaan kantong plastik tersebut tidak diterima dengan antusias bagi mereka yang ingin berbelanja karena mereka harus membawa kantong sendiri dari rumah.

Namun menurut Asosiasi Ritel Nasional (NRA) Australia, selama tiga bulan terakhir, perubahan radikal itu menurunkan sekitar 80 persen penggunaan kantong plastik.

Bahkan beberapa toko melaporkan adanya penurunan penggunaan kantong plastik sebanyak 90 persen dari sebelumnya." kata David Stout dari NRA.

Stout mengtakan pelarangan itu merupakan "langkah berani" dari supermarket besar di Australia dan membuka jalan bagi bisnis yang lebih kecil, yang lebih khawatir bahwa pembeli tidak mau datang - untuk mengikuti jejak supermarket besar.