Para Pemimpin Dunia yang Pernah Heboh Diisukan Meninggal Dunia

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.
Sumber :
  • Telegraph

VIVA – Rumor kematian Presiden Nigeria Muhammadu Buhari dan diisukan bahwa sudah digantikan oleh seorang penipu asal Sudan, memicu kontroversi. Hal itu membuat para pemimpin dunia lainnya terpaksa angkat bicara untuk merespons desas-desus kematiannya.

Keluarga Ungkap Penyebab Meninggalnya Sopyan Dado, Punya Riwayat Diabetes Hingga Sakit Jantung

Awal pekan ini Presiden Gabon, Ali Bongo, akhirnya muncul untuk pertama kali, setelah jatuh sakit selama hampir enam minggu. Rumor kematian Bongo, meluas sejak ia pingsan dalam sebuah konferensi di Arab Saudi pada 24 Oktober 2018 lalu. Sumber menyebutkan, Bongo menderita stroke.

Kantor Kepresidenan Gabon tidak memberikan rincian spesifik tentang kondisinya. Informasi menyebutkan bahwa Presiden Bongo hanya mengalami kelelahan.

Profil Sopyan Dado Bintang Sinetron TOP yang Meninggal Dunia

Bongo dan Buhari hanya dua contoh terbaru dari daftar panjang pemimpin dunia yang dirumorkan meninggal dunia. 

Daftar pemimpin negara yang pernah dikabarkan meninggal dunia seperti dirangkum South China Morning Post.

Paranormal Ini Ngaku Tahu Ciri Pelaku yang Santet Stevie Agnecya: Jumlahnya 2 Orang

Robert Mugabe

Laporan kematian presiden yang memimpin Zimbabwe selama 30 tahun ini, kerap muncul setiap beberapa tahun, setiap pemimpin berusia 94 tahun itu menghilang dari pandangan publik selama beberapa hari.

Pada 2008, Times of South Africa melaporkan bahwa Mugabe pernah secara diam-diam dibawa ke Dubai untuk perawatan. Namun, pejabat pemerintah membantah rumor itu.

Pada 2009, desas-desus bahwa Mugabe hampir meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Singapura dibantah oleh para pejabatnya sebagai omong kosong.

Vladimir Putin

Presiden Rusia ini pernah 'hilang' selama dua minggu pada 2015 lalu dan menimbulkan rumor. Beberapa pihak menyebut Putin telah meninggal dunia. Yang lain berspekulasi bahwa ia gagal operasi plastik. Sementara itu, yang lain mengatakan dia melakukan perjalanan ke Swiss untuk kelahiran seorang anak terlarang.

Lebih banyak desas-desus lain, termasuk bahwa presiden mengalami flu atau masalah punggung. Kremlin menolak berkomentar, dengan mengatakan topiknya sudah ditutup.

Kim Jong-un

Rumor bahwa Kim Jong-un telah dibunuh mulai menyebar pada 2012, tak lama setelah ia menjadi pemimpin Korea Utara.

Rumor "pembunuhan" itu dikatakan terjadi di Beijing, dengan rumor menyebar melalui platform media sosial Cina, Weibo, sebelum diberitakan oleh situs berita Amerika Serikat. Desas-desus menyebar, setelah orang melihat dan me-retweet cuitan yang berasal dari akun palsu mengatasnamakan outlet berita BBC, yang mengkonfirmasi kematian.

Ali Khamenei

Ayatollah Khamenei, pemimpin tertinggi Iran, sudah dua kali dirumorkan meninggal dunia. Pertama pada 2007, dan kedua pada 2009. Kedua rumor itu berasal dari orang yang sama, Michael Ledeen.

Khamenei masih hidup dan telah membuat banyak penampilan publik sejak 2009. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya