Logo BBC

Negara-negara yang Rentan Bencana Alam, Indonesia Posisi Berapa?

Laporan Risiko Dunia 2018 menggarisbawahi kerentanan anak-anak di wilayah-wilayah bencana. - Getty Images
Laporan Risiko Dunia 2018 menggarisbawahi kerentanan anak-anak di wilayah-wilayah bencana. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Hasil penelitian terbaru menunjukkan sembilan dari 15 negara yang paling berisiko mengalami bencana alam, termasuk bencana alam karena perubahan iklim, merupakan negara kepulauan.

Penelitian yang tercantum dalam Laporan Risiko Dunia 2018 menganalisis risiko bencana alam, tsunami, badai siklon tropis dan banjir di 172 negara - dan juga menakar kapasitas masing-masing negara dalam menangani bencana.

Penelitian ini dilakukan oleh Universitas Ruhr Bochum, Jerman, dan koalisi LSM kemanusiaan Jerman, Development Helps Alliance.

Lima belas negara paling rentan

Tim peneliti menggarisbawahi nasib anak-anak pada khususnya. Berdasarkan data itu, sekitar satu di antara empat anak di seluruh dunia tinggal di wilayah-wilayah yang rentan mengalami bencana.

Selain itu, data PBB menunjukkan lebih dari 50% penduduk yang kehilangan tempat tinggal akibat konflik atau bencana alam pada tahun 2017 adalah mereka di bawah usia 18 tahun.

Pulau menduduki peringkat teratas karena kerentanannya terhadap peristiwa-peristiwa terkait dengan iklim, termasuk kenaikan permukaan laut.