Saudi Tak Tolerir Dubesnya Campuri Urusan Domestik Negara Lain

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Moch Asim

VIVA – Pemerintah Arab Saudi tak akan memberi toleransi jika Duta Besar negara Timur Tengah untuk Indonesia, Osamah Muhammad Al-Suaibi, terbukti mencampuri urusan Indonesia.

RI Bicara Tegas di OKI Minta Tanggung Jawab Bantu Rakyat Afghanistan

Tindakan Osamah sempat dipersoalkan di Indonesia saat menuliskan cuitan dalam akun Twitter pribadinya yang bernada menyudutkan organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam tertentu terkait reuni 212.  

"Tidak akan menolelir interference (campur tangan) terhadap urusan dalam negeri sebuah negara," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi soal sikap Saudi Arabia di sela-sela Bali Democracy Forum (BDF) ke-11 di Hotel Courtyard, Nusa Dua, Bali, Rabu, 5 Desember 2018.

Pamer Payudara di YIA, Reuni 212 hingga Mimpi Ketemu Rasulullah

Retno mengungkap isi pembicaraannya dengan Menlu Arab Saudi Adel al-Jubeir dalam pertemuan keduanya pada Selasa kemarin, 4 Desember 2018. Menurut Retno, Adel juga mengklaim bahwa Arab Saudi senantiasa menghormati kedaulatan Indonesia selaku negara yang telah lama memiliki hubungan diplomatik.

"Toleransi tidak akan diberikan apalagi kalau tindakan itu (campur tangan) dilakukan di sebuah negara yang bersahabat dengan Saudi, seperti Indonesia," ujar Retno.

Jalan di Monas Dibuka, Polisi Harap Massa Reuni 212 Tak Datang Lagi

Meski demikian, Retno menyampaikan, Adel sendiri membantah bahwa Osamah sedang turut campur dalam urusan Indonesia.

"Menteri Luar Negeri Saudi Arabia menekankan bahwa Saudi Arabia tidak memiliki kebijakan (seperti itu)," ujar Retno. (umi)

Menlu Negeri Retno Marsudi saat menyampaikan sambutan di Kongres Indonesianis

ASPINA Belanda Diluncurkan, Bagaimana Prospeknya bagi Ekonomi RI

Apresiasi disampaikan Menlu Retno dalam acara peluncuran ASPINA Belanda yang berlangsung secara fisik dan daring dari KBRI Den Haag pada Kamis kemarin. Lalu?

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2022