Logo ABC

Mantan Uskup Adelaide Bebas dari Dakwaan Sembunyikan Kekerasan Seksual

Mantan Uskup Adelaide, Philip Wilson
Mantan Uskup Adelaide, Philip Wilson
Sumber :
  • abc

Mantan Uskup Adelaide, Philip Wilson, akan melenggang bebas setelah dakwaan atas menyembunyikan pelecehan seksual anak yang dituduhkan terhadapnya dibatalkan oleh hakim.

Hakim mengatakan pastor Wilson adalah seorang saksi yang jujur dan konsisten dan ia memiliki keraguan yang wajar bahwa sang pastor telah diberitahu tentang pelecehan itu.

Pastor Wilson dibebaskan untuk datang ke pengadilan hari Kamis (6/12) demi menghindari "kejaran media" tetapi muncul melalui tautan video.

Pria berusia 68 tahun itu adalah pemuka agama Katolik berpangkat paling tinggi di dunia yang dihukum karena menyembunyikan pelecehan seksual terhadap anak-anak dan telah menjalani hukuman minimal enam bulan tahanan rumah.

Pengadilan Lokal Newcastle mendakwa pastor Wilson pada bulan Mei dengan tuduhan menyembunyikan pelecehan yang dilakukan oleh pastor pedofil Jim Fletcher di wilayah Hunter Valley sejak tahun 1970-an.

Pada tahun 1976 seorang korban, yang bernama Peter Creigh, mengaku kepada pastor Wilson bahwa ia telah dilecehkan secara seksual, namun pastor Wilson gagal melaporkannya kepada polisi ketika Fletcher dituduh melakukan kejahatan seks anak lainnya pada tahun 2004.

Sebelum membebaskan dakwaan terhadap pastor Wilson, Hakim Roy Ellis mengatakan mantan uskup agung itu jujur dan konsisten.