Logo ABC

Ilmuwan Pengubah Gen China He Jinkui Sudah Hilang Selama Seminggu

He Jiankui menggemparkan dunia ketika mengatakan melakukan pengeditan gen manusia yang diungkapkannya dalam sebuah konprensi ilmiah di Hong Kong.
He Jiankui menggemparkan dunia ketika mengatakan melakukan pengeditan gen manusia yang diungkapkannya dalam sebuah konprensi ilmiah di Hong Kong.
Sumber :
  • abc

Ilmuwan China He Jiankui yang mengejutkan dunia dengan mengatakan telah melakukan pengeditan gen terhadap kembar perempuan Nana dan Lulu dilaporkan sudah hilang selama sepekan terakhir.

Minggu lalu, Dr He mendapatkan kritikan tajam dari para dokter dan akademisi karena menggunakan teknik pengeditan gen yang dikenal dengan nama CRISPR-Cas9 untuk mengubah gen kembar tersebut dalam usaha melindungi mereka dari infeksi karena virus yang diderita ayahnya.

Sebagai seorang tenaga pengajar di Southern University of Science and Technology (SUST) di Shenzhen (China) Dr He membela diri dalam Konprensi Internasional di Hong Kong mengatakan dia bangga dengan apa yang dilakukannya.

Namun setelah ratusan ilmuwan, pemerintah China dan bahkan universitasnya sendiri mengecam tindakan tersebut, Dr He tampaknya menghilang dan tidak diketahui keberadaannya sejak hari Rabu.

Di mana Dr He?

Sehari setelah kemunculannya di Hong Kong, Beijing mengeluarkan kritikan tajam dengan usaha pengeditan gen tersebut.

Kepala Komisi Kesehatan CHina, Kementerian Sains dan Teknologi, dan Asosiasi Sains dan Teknologi China mengatakan bahwa insiden tersebut "sangat memalukan" dan unit yang berkenaan dengan kegiatan tersebut diminta untuk menghentikan kegiatan penelitian mereka.