RI Terus Dorong Demokrasi Inklusif, Apa Itu

Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir
Sumber :
  • Kementerian Luar Negeri RI

VIVA – Indonesia mendorong penerapan demokrasi inklusif melalui penyelenggaraan Bali Democracy Forum (BDF) ke-11 di Nusa Dua, Bali.

Prabowo: Demokrasi Artinya Rakyat yang Berkuasa

Menurut Wakil Menteri Luar Negeri  RI, AM Fachir, penerapan demokrasi yang benar-benar melibatkan semua orang dalam setiap pengambilan keputusan merupakan solusi atas menurunnya implementasi demokrasi di banyak belahan dunia.

"Prinsip-prinsip tidak ada satu pun yang tertinggal atau no one left behind, termasuk prinsip inklusivitas yang berarti partisipasi semua pihak, itu penting dalam menghadapi tantangan demokrasi ke depan," ujar Fachir dalam penutupan BDF di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Jumat, 7 Desember 2018.

Pemerintah Sebut Indeks Demokrasi di Indonesia Tunjukkan Perbaikan

Fachir menyampaikan, demokrasi itu mempersatukan bukan untuk memecah-belah. Demokrasi inklusif juga menyediakan harapan, bukan ketakutan. Terakhir, demokrasi tersebut memberdayakan, bukan melemahkan.

Adapun lembaga pemerintahan suatu negara harus bisa merangkul banyak pihak, termasuk kalangan swasta, perempuan, dan pemuda supaya demokrasi inklusif tercipta. Fachir menyampaikan terciptanya pemerintahan stabil yang merupakan buah dari demokrasi inklusif selanjutnya adalah jalan pembuka bagi terciptanya kesejahteraan rakyat.

Indeks Demokrasi Indonesia 2021 Naik, Tapi Masih Cacat

"Stabilitas, pemerintah yang baik dan jalannya aturan hukum adalah kunci utama berfungsinya sebuah demokrasi," ujar Fachri. (ase)

Prabowo Subianto

Prabowo Bangga dengan Demokrasi Indonesia, Pemilu 2024 Berjalan Baik

Prabowo mengatakan meskipun demokrasi berjalan baik di Indonesia, masih banyak ruang untuk perbaikan. Ia menyebut Indonesia adalah negara besar yang terdiri banyak pulau.

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2024