Logo BBC

Prancis Kembali Bergolak, Ratusan Orang Ditangkap

- AFP
- AFP
Sumber :
  • bbc

Untuk akhir pekan keempat, Perancis kembali dilanda protes anti-pemerintah yang ditandai bentrokan kekerasan, dan lontaran gas air mata. Ratusan orang ditangkap. Lebih dari 200 orang orang telah ditahan di Paris yang dijaga sekitar 8.000 petugas dan 12 kendaraan lapis baja.

Hampir 90.000 personel keamanan dikerahkan menjaga keamanan di seantero negeri. Pemerintah menyatakan mereka akan memberlakukan `toleransi nol` terhadap kekerasan.

Gerakan ‘rompi kuning’ itu awalnya menentang kenaikan pajak bahan bakar tetapi sejumlah menteri mengatakan gerakan itu telah dibajak oleh para pengunjuk rasa dengan ideologi kekerasan.

Pekan lalu, ratusan orang ditangkap dan puluhan terluka dalam bentrokan di Paris, yang beberapa di antaranya merupakan bentrokan jalanan terburuk di ibukota Prancis selama beberapa dekade.

Apa yang terjadi akhir pekan ini?

Sekitar 5.000 orang berkumpul di Champs-Elys namun segera dihadang barikade polisi ketika mereka bergerak.

Terjadi sejumlah bentrokan, ditandai dengan gas air mata yang dilontarkan polisi ke arah pengunjuk rasa di pinggir jalan ketika ketegangan memuncak. Gas air mata itu diyakini dari jenis phosgene, jauh lebih kuat dari zat yang digunakan sebelumnya.