Logo BBC

Warga Malaysia Keturunan Mandailing Kompak Pulang Kampung ke Indonesia

Foto lama orang tua Hafizah Kamaruddin yang tinggal di Kuala Lumpur. - Hafizah Kamaruddin
Foto lama orang tua Hafizah Kamaruddin yang tinggal di Kuala Lumpur. - Hafizah Kamaruddin
Sumber :
  • bbc

Dalam lima tahun terakhir, jumlah perkumpulan warga Malaysia keturunan Mandailing yang menyeberang ke Sumatera Utara untuk pulang kampung melihat tanah leluhur dan bertemu sanak saudara, terus meningkat.

Warga keturunan Mandailing di Malaysia jumlahnya ratusan ribu orang, menurut sejarawan. Di negeri jiran, mereka membuat kelompok untuk melakukan berbagai kegiatan, termasuk mencari sanak saudara di Mandailing.

Hafizah Kamaruddin, generasi kedua dari keluarga Mandailing yang lahir di Malaysia, termasuk di antara mereka yang bertemu dengan sanak keluarganya untuk pertama kalinya tahun lalu.

"(Saya rasa) amat-amat gembira sekali. Tahun lalu saya pergi untuk menghadiri perkawinan sepupu saya di Medan dan dapat bertemu dengan saudara-saudara dari Hutapungkut.

"Pertama kali bertemu saudara-saudara ini, walaupun kita tak pernah jumpa tapi semangat persaudaraan itu dapat dirasakan betapa mesranya kami, eratnya kami, walaupun pertama kali berjumpa," kata Hafizah kepada BBC News Indonesia.

Perjalanan ke Mandailing ini diselenggarakan oleh sejumlah perkumpulan antara lain Ikatan Mandailing Malaysia Indonesia (IMAMI). Kelompok ini membantu keluarga-keluarga keturunan Mandailing di Malaysia untuk melacak kembali sanak saudara mereka.

"Romantisme tanah leluhur"