Logo BBC

Kartu Identitas Intelijen Milik Vladimir Putin Ditemukan di Jerman

Vladimir Putin berusia 33 tahun ketika dia menerima kartu Stasi ini. - BSTU
Vladimir Putin berusia 33 tahun ketika dia menerima kartu Stasi ini. - BSTU
Sumber :
  • bbc

Kartu identitas kepolisian rahasia eks-Jerman Timur milik Vladimir Putin sewaktu dia masih berprofesi sebagai mata-mata Uni Soviet ditemukan di Dresden, Jerman.

Dokumen tersebut ditemukan dalam kondisi terpelihara di arsip Stasi—dinas kepolisian rahasia Jerman Timur—saat sedang dilakukan kajian mengenai kedekatan hubungan antara Stasi dan badan intelijen Uni Soviet, KGB.

Kartu itu diberikan kepada Putin—yang saat itu berpangkat mayor KGB—pada 1985.

Berbekal kartu itu, Putin dapat mengakses berbagai fasilitas Stasi, walau mungkin dia tidak melakukan tugas mata-mata untuk lembaga tersebut.

Sebagaimana tercantum pada kartu tersebut, akses Putin diperbarui setiap tiga bulan sekali. Tidak jelas mengapa dia meninggalkan kartu itu di Dresden.

Melalui sebuah pernyataan resmi. Badan Arsip Stasi (BStU), menyebut Putin "menerima kartu itu sehingga dia bisa menjalankan tugas KGB dengan kerja sama Stasi".

"Riset saat ini tidak memberi indikasi bahwa Vladimir Putin bekerja untuk MfS," kata badan itu merujuk singkatan Kementerian Keamanan Negara Jerman Timur yang merupakan nama resmi Stasi.