Logo ABC

Australia Kini Punya Akses Rekening Warganya di Bank Swiss

Perbankan Swiss selama ini dikenal sebagai surga bagi nasabah yang ingin menyembunyikan duitnya.
Perbankan Swiss selama ini dikenal sebagai surga bagi nasabah yang ingin menyembunyikan duitnya.
Sumber :
  • abc

Warga Australia pemilik rekening bank di Swiss, terutama kelompok individu terkaya, kini perlu berhati-hati. Pasalnya, Kantor Pajak Australia (ATO) telah mendapatkan akses ke rekening-rekening tersebut.

Wakil komisioner ATO Jeremy Hirschhorn memastikan pihaknya kini memiliki akses ke rekening bank Swiss. Akses ini akan digunakan untuk memastikan warga Australia membayar pajak sebagaimana mestinya.

"Kami baru saja menerima daftar semua warga Australia yang memiliki rekening bank Swiss," kata Hirschhorn kepada ABC Australia.

"Tentu saja tidak ada salahnya memiliki rekening bank Swiss. Tapi yang pasti ada beberapa orang dalam daftar ini yang menarik perhatian kami," ujarnya.

Hirschorn tak bersedia mengkonfirmasi apakah individu dengan kekayaan tinggi dalam daftar yang dipantau ATO itu termasuk para pesohor Australia.

"Saya tidak ingin menyebut nama-nama individu dalam daftar itu. Tapi yang ingin saya katakan yaitu para pesohor Australia umumnya merupakan pembayar pajak yang baik," kata Hirschhorn.

Menurut dia, jika ada nama pesohor dalam daftar ini, tentunya akan mengejutkan.