Logo ABC

Australia Sambut Baik Keinginan Indonesia Atasi Sampah Plastik

Sampah berserakan di daerah terpencil Cape Arnhem di Northern Territory.
Sampah berserakan di daerah terpencil Cape Arnhem di Northern Territory.
Sumber :
  • abc

Konsul Jenderal RI di Northern Territory (NT) Dicky Soerjanatamihardja menyatakan Pemerintah RI kini berupaya mengatasi sampah plastik di berbagai daerah yang kemungkinan jadi sumber sampah yang banyak ditemukan di pantai-pantai Australia.

Hal itu dikemukakan Konjen Dicky saat mengunjungi East Arnhem Land pekan lalu, terkait dengan kerjasama budaya antara warga aborijin suku Yolngu dan warga Indonesia asal Makassar. Hubungan dagang kedua masyarakat ini sudah berlangsung sejak tahun 1600-an, jauh sebelum pendatang Eropa.

Komitmen yang disampaikan Konjen Dicky tersebut disambut baik sejumlah pihak yang selama ini membantu mengatasi sampah plastik di kawasan pantai NT.

Kylie Tune dari LSM Cleaning Up Cape Arnhem misalnya menilai komitmen pejabat Indonesia atas permasalahan ini bisa dikatakan sebagai awal dari perubahan.

"Banyak orang mungkin marah pada Indonesia dan negara lain karena membuang sampah sembarangan. Namun mereka tak memiliki akses pembuangan sampah yang sama seperti kita miliki (di Australia)," katanya.

Saat berada di Nhulunbuy, Konjen Dicky mengangkat masalah sampah plastik yang terbawa arus ke pesisir pantai di kawasan East Arnhem Land, menyebabkan isu bagi para petugas pantai dan aktivis lingkungan.

Kunjungan Konsul Indonesia ke Arnhem Timur Konjen Dicky Soerjanatamihardja (kiri) bersama pejabat Pemkot East Arnhem, Barry Bonthuys.