Logo BBC

Filipina Rayakan Kemenangan Miss Universe

Catriona Gray -Reuters
Catriona Gray -Reuters
Sumber :
  • bbc

Filipina, negara yang terobsesi dengan kontes kecantikan, merayakan titel Miss Universe keempatnya. Catriona Gray mengalahkan para kontestan lain di final pada Senin (17/12) pagi di Bangkok, Thailand.

Meskipun sangat populer, kontes semacam ini sering dituduh membuat perempuan sebagai objek dan mempromosikan ketidaksetaraan gender.

Para aktivis telah menggambarkan Miss Universe sebagai sebuah "pertunjukan daging" yang menetapkan "standar kecantikan yang tak terjangkau".

`Kontes kecantikan yang membuat internet heboh`

Kontes kecantikan adalah hal yang sangat penting di Filipina. Keluarga berkumpul di depan TV untuk menonton. Orang-orang membentuk grup untuk mengobrol dan memberikan komentar mengenai kostum dan kesalahan yang terjadi di panggung.

Minggu ini, salon-salon di Manila bahkan menawarkan diskon yang semakin lama semakin besar sementara Gray maju melalui putaran demi putaran.

Seorang teman Filipina menggambarkan obsesi negara itu dengan kontes kecantikan seperti ini: "Jika petinju Filipina Manny Pacquiao membuat jalanan yang padat menjadi lengang, maka kontes kecantikan membuat heboh di internet."