Logo BBC

Ini Penghasil Emisi CO2 Terbesar yang Mungkin Tak Anda Sadari

Beton adalah material pilihan untuk kebanyakan proyek-proyek berskala besar.-Getty Images
Beton adalah material pilihan untuk kebanyakan proyek-proyek berskala besar.-Getty Images
Sumber :
  • bbc

Semen adalah material buatan manusia yang paling banyak digunakan. Kedua terbanyak setelah air sebagai sumber daya yang paling banyak dikonsumsi di planet ini.

Meskipun semen - bahan utama dalam beton - telah membentuk banyak lingkungan kita, material itu juga memiliki jejak karbon yang sangat besar.

Semen adalah sumber dari sekitar 8% emisi karbon dioksida (CO2) dunia, menurut lembaga penelitian Chatham House.

Jika industri semen adalah sebuah negara, dia akan menjadi penghasil emisi terbesar ketiga di dunia - di belakang Cina dan AS. Dia menghasilkan CO2 lebih bnayak daripada bahan bakar pesawat udara (2,5%) dan tidak jauh di belakang industri agrikultur global (12%).

Para pemimpin industri semen berada di Polandia untuk menghadiri konferensi perubahan iklim PBB - COP24 - untuk membahas cara-cara memenuhi persyaratan Perjanjian Paris tentang perubahan iklim. Untuk melakukan ini, emisi tahunan dari semen harus turun setidaknya 16% pada tahun 2030.

Jadi, bagaimana cinta kita pada beton akhirnya membahayakan planet ini? Dan apa yang bisa kita lakukan?

Pujian bagi beton

Sebagai bahan utama dari kebanyakan bangunan tinggi, tempat parkir mobil, jembatan dan bendungan, beton, telah membantu pembangunan beberapa bangunan dengan arsitektur terburuk di dunia.

Tetapi beton juga menjadi alasan mengapa beberapa bangunan paling mengesankan di dunia berdiri.


Beton adalah bahan utama dari kebanyakan bangunan tinggi, tempat parkir mobil, jembatan dan bendungan. - BBC

Sydney Opera House, Kuil Teratai di Delhi, Burj Khalifa di Dubai serta Pantheon yang megah di Roma - yang memiliki kubah beton terbesar yang tidak menggunakan fondasi di dunia - semuanya berutang pada material ini.

Campuran pasir dan kerikil, pengikat semen dan air, beton dipakai begitu banyak oleh para arsitek, pengembang, dan kontraktor karena merupakan bahan konstruksi yang sangat baik.