Presiden Rusia Vladimir Putin akan ke Indonesia Usai Pemilu 2019

Presiden Rusia Vladimir Putin saat tiba di Bali untuk KTT APEC 2013.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA - Presiden Rusia, Vladimir Putin, dipastikan akan mengunjungi Indonesia pada tahun 2019. Putin akan melakukan kunjungan kenegaraan ini usai Indonesia menggelar Pemilu Serentak pada bulan April 2019. Kepastian tersebut didapat dari Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva.

Perkembangan Perang Ukraina-Rusia, Perundingan Damai Berlangsung Panas

"Hubungan bilateral kita sangat positif dari berbagai 'konteks' selama setahun ini, meskipun sayangnya kita tidak berkesempatan mewujudkan kunjungan presiden kami karena masalah teknis. Tetapi saya harap tahun depan bisa terlaksana, tentunya setelah pemilu," kata Lyudmila di Kedutaan Rusia, Selasa, 18 Desember 2018.

Rusia, kata Lyudmila, sangat menghormati proses demokrasi di Indonesia. Maka dari itu, agar rakyat dan pemerintah Indonesia bisa fokus dalam Pemilu 2019, Putin memilih akan berkunjung usai Pemilu 2019.

Kabur dari Perang, Tentara Rusia Bakal Dibunuh Pasukan Khusus Putin

"Kami sangat menghormati proses demokrasi di Indonesia. Apapun pilihan rakyat kami akan mendukungnya," ujarnya.

Lyudmila belum menyebut kapan tanggal yang pasti kedatangan Putin ke Tanah Air. Namun, kedatangannya hampir dapat dipastikan karena Indonesia dan Rusia tengah mengadakan perjanjian kerjasama.

Presiden Putin Beri Lampu Hijau ke Sukarelawan yang Ingin Bertempur

"Kita punya agenda yang padat, salah satunya yang terpenting penandatanganan perjanjian kemitraan strategis Rusia-Indonesia," ujarnya. (ren)

Vladimir Putin, Xi Jinping, dan Joe Biden.

Sumber AS Sebut China Bakal Bantu Militer Rusia dalam Perang Ukraina

Seorang pejabat AS mengungkapkan, pihaknya mendapat informasi China telah menyatakan kesediaan untuk memberikan bantuan militer dan keuangan kepada Rusia.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022