Logo BBC

Muslim Uighur dan Kasus-kasus Persekusi Lain yang 'Terabaikan'

Keluarga Uighur berdoa di kuburan anggota keluarga mereka pada hari Idul Adha, September 2016, di wilayah Xinjiang barat. - Getty Images
Keluarga Uighur berdoa di kuburan anggota keluarga mereka pada hari Idul Adha, September 2016, di wilayah Xinjiang barat. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Pemerintah Indonesia didesak untuk menyikapi dugaan persekusi terhadap komunitas Muslim Uighur oleh pemerintah Cina.

Cina dituding menahan ribuan warga Uighur dan kelompok Muslim lainnya tanpa proses pengadilan di wilayah Xinjiang barat. Namun, pemerintah Cina membantah tuduhan pembangunan penjara, dan menyatakan sedang membangun "pusat pelatihan keterampilan".

Uighur menjadi topik perbincangan hangat di media sosial .

Beberapa warganet menjadikannya cara untuk mengkritik pemerintahan Presiden Joko Widodo, menuduhnya mengabaikan penderitaan Muslim yang tertindas.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan bahwa dugaan penindasan terhadap kelompok Muslim Uighur merupakan masalah internal Cina.

"Kalau masalah domestik, tentu kita tidak ingin mencampuri masalah Uighur. Tapi secara umum, penghentian pelanggaran HAM juga harus kita perjuangkan," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Senin (17/12).

Menurut pengamat politik Islam internasional, Syahrul Hidayat, negara-negara mayoritas Muslim seperti Indonesia selama ini mengabaikan persoalan Muslim Uighur karena mereka tidak kuat di hadapan Cina.