Logo ABC

Selama 2018, Lebih 400 Ribu Ekor Sapi Diekspor Australia ke Indonesia

Sepanjang tahun 2018 diperkirakan lebih dari 400 ribu ekor sapi Australia telah diekspor ke Indonesia.
Sepanjang tahun 2018 diperkirakan lebih dari 400 ribu ekor sapi Australia telah diekspor ke Indonesia.
Sumber :
  • abc

Harga sapi Australia yang diekspor ke Indonesia pada akhir tahun ini mencapai 3,25 Dolar per kg dengan volume ekspor yang mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu.

Dalam beberapa bulan terakhir terjadi lonjakan pengiriman ternak dari pelabuhan Darwin dan diperkirakan akan melampaui 400 ribu ekor sapi, naik tajam dibandingkan tahun lalu yang hanya 308 ribu ekor.

Seorang pelaku industri Cameron Jenkins dari Frontier International menyatakan permintaan sapi dari Indonesia sangat terasa bagi kalangan industri ini di Australia.

"Ada sejumlah kekuatan baru di pasar Indonesia, meskipun ada yang skeptis mengenai berapa lama hal itu akan bertahan," katanya kepada ABC Rural.

"Banyak pengiriman ternak dari Darwin dalam beberapa bulan terakhir yang mengakibatkan sejumlah eksporter saling bersaing mendapatkan ternak," jelasnya.

Harga sapi penggemukan untuk pasar Indonesia mencapai titik terendah 2,60 Dolar per kg awal tahun ini. Namun harga itu pulih kembali pada bulan Agustus menjadi sekitar 3 Dolar per kg.

Jenkins menjelaskan meski produsen ternak sekarang menikmati kenaikan harga, kondisi pasar untuk eksportir masih tetap sulit.