Progres Politik Luar Negeri RI Dibeberkan di Acara Diplomacy Festival

Menlu Retno Marsudi di Diplo Fest Bandung
Sumber :
  • VIVA/Dinia Adrianjara

VIVA – Kementerian Luar Negeri menggelar Diplomacy Festival (Diplofest) di Universitas Padjajaran, Bandung. Acara ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya para mahasiswa mengenai sepak terjang diplomasi Indonesia. 

Istana Bantah Berita Media Asing soal Rencana Hubungan Diplomatik RI-Israel

"Diplofest digelar agar masyarakat memahami bahwa kepentingan masyarakat dipertimbangkan dalam kebijakan politik luar negeri Indonesia," kata Retno di Universitas Padjajaran, Bandung, Jabar, Rabu 19 Desember 2018. 

Sejak kemarin, rangkaian kegiatan Diplofest telah diawali dengan adanya kuliah umum di enam universitas di Bandung terkait berbagai topik strategis seperti diplomasi perlindungan, ASEAN Community, International Laws, hubunganIndonesia dengan negara Muslim dalam konteks OKI, Defense Diplomacy dan hubungan RI dengan Amerika dan Eropa.

AS Ucapkan Selamat Atas Pemilu Indonesia, Harap Bisa Bekerja Sama dengan Presiden Terpilih

Sebagai acara puncak, hari ini akan digelar berbagai kegiatan seperti "Diplomates" yaitu diskusi mengenai capaian politik luar negeri, “Protocol 101” untuk mempelajari pengetahuan dasar mengenai pertemuan bilateral dan konferensi internasional, termasuk talkshows dengan para diplomat.

"Jadi nanti ada kegiatan seperti simulasi tes bahasa Inggris kemudian debat di United Nation Security Council karena banyak anak muda ikut debat internasional termasuk informasi mengenai masalah diplomasi ekonomi misalnya di Afrika," ujar Retno.

Ini Paspor Paling Langka di Dunia, Hanya Dimiliki oleh 500 Orang

Bandung merupakan kota ketiga tempat diselenggarakannya Diplofest setelah sebelumnya telah digelar di Yogyakarta dan Surabaya.

Retno mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan agar masyarakat bisa mengetahui capaian politik luar negeri Indonesia dan menjadi ajang kesempatan yang baik bagi Kemlu untuk mendengarkan masukan dari berbagai pihak.(lis)

Tangkapan layar - Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi menemui Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin di Istana Wapres, Jakarta, Rabu, 17 April 2024, disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Wakil Presiden RI.

Menlu Retno Marsudi Temui Wapres Klarifikasi soal Isu RI Akan Normalisasi Diplomatik Israel

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menemui Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk melaporkan mengenai konsistensi Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024