Logo BBC

Bagaimana Propaganda Pemerintah China untuk Kaum Uighur di Xinjiang

Seorang perempuan dan anaknya tengah berjalan melewati sebuah gedung dengan lukisan mural di sisinya. - BBC
Seorang perempuan dan anaknya tengah berjalan melewati sebuah gedung dengan lukisan mural di sisinya. - BBC
Sumber :
  • bbc

Cina menerapkan aturan ketat terhadap apa yang mereka sebut `terorisme yang didorong oleh ekstremisme agama`. Kampanye ini dipusatkan di bagian barat provinsi Xinjiang, yang banyak dihuni etnis minoritas Uighur Cina yang didominasi Muslim.

Dalam kesempatan ini tim BBC Cina mendokumentasikan serangkaian mural propaganda yang menarik perhatian di kota Kashgar, di wilayah Xinjiang barat di Cina.

Pemerintah setempat yakin kegiatan-kegiatan agama tersebut juga menyebarkan teror dan mereka berupaya mengendalikan kegiatan keagamaan di wilayah itu dengan memberlakukan aturan ketat pada komunitas Uighur.

Banyak pengamat mengecam dan mengatakan aturan itu justru memperburuk situasi menyangkut teror.

Lewat mural-mural propaganda yang menarik perhatian dan menyoroti hubungan Cina dengan etnis Uighur di Xinjiang, ditunjukkan perilaku apa saja yang bisa diterima atau tidak diterima pemerintah Cina.

Poster-poster pembangkit semangtat adalah pemandangan umum di kota-kota di Cina, untuk menyemangati dan mendorong untuk bekerja keras. Tidak jelas siapa yang melukis poster-poster ini, namun keberadaan lukisan-lukisan itu menyiratkan para pelukis itu telah mengantungi izin.


- BBC

Pemerintah mengungkapkan beberapa orang Uighur diradikalisasi oleh video-video jihad yang dibuat di Pakistan dan Afghanistan dan diakses melalui internet.

Dalam mural di atas, terlihat kaum perempuan Uighur yang mengenakan niqab atau penutup wajah tengah mengunduh dan berbagi materi yang dilarang dengan kaum pria Uighur.