Logo ABC

Jepang Kembali Berburu Paus Secara Komersil di 2019

Perburuan paus oleh kapal-kapal Jepang.
Perburuan paus oleh kapal-kapal Jepang.
Sumber :
  • abc

Pemerintah Jepang telah mengonfirmasi akan memulai perburuan paus komersil pada bulan Juli 2019, dan keluar dari Komisi Penangkapan Ikan Paus Internasional (IWC).

Jepang akan menghentikan apa yang disebut perburuan ilmiah di Samudra Antartika, dan hanya berburu ikan di laut dekat wilayahnya dan zona ekonomi eksklusif negara itu.

Jepang sudah lama bosan dengan kebuntuan di IWC, dengan negara-negara yang pro dan anti perburuan paus tak bisa menyepakati jalan ke depan untuk organisasi tersebut.

Permintaan Jepang untuk dimulainya kembali perburuan paus komersil baru-baru ini ditolak pada pertemuan IWC pada bulan September.

Jepang tak akan bisa melanjutkan penelitian perburuan paus di perairan Antartika, karena negara-negara yang melakukannya diharuskan untuk bergabung dengan IWC oleh Konvensi Internasional untuk Peraturan Perburuan Paus (ICRW).

"Dari Juli 2019, setelah penarikan mulai berlaku pada 30 Juni, Jepang akan melakukan perburuan paus komersil di dalam laut teritorial Jepang dan zona ekonomi eksklusifnya, dan akan menghentikan perburuan paus di Samudra Antartika / Belahan Selatan," kata Kepala Sekretaris Kabinet, Yoshihide Suga.

"Meskipun bukti ilmiah telah mengonfirmasi bahwa beberapa spesies paus jumlahnya melimpah, negara-negara anggota yang fokus secara eksklusif pada perlindungan paus, sementara mengabaikan tujuan lain yang dinyatakan oleh ICRW, menolak untuk menyetujui untuk mengambil langkah nyata apapun untuk mencapai suatu posisi bersama yang akan memastikan pengelolaan sumber daya ikan paus berkelanjutan."