Logo ABC

Senegal Desak Pengembalian Artefak Budaya Warga Afrika

China mewujudkan gagasan museum Peradaban Afrika di Dakar dengan menyuntikkan dana $48.1 juta untuk pembangunan museum ini.
China mewujudkan gagasan museum Peradaban Afrika di Dakar dengan menyuntikkan dana $48.1 juta untuk pembangunan museum ini.
Sumber :
  • abc

Ketika pengunjung berjalan menelusuri Museum Peradaban Warga Kulit Hitam (Museum of Black Civilizations) di Senegal selama bulan pertama, percakapan global seputar pengembalian artefak budaya yang dijarah tidak terhindarkan

Menteri kebudayaan negara di Afrika Barat itu tidak malu-malu mengungkapkan keinginan tersebut: Dia ingin ribuan keping warisan berharga yang diambil dari benua itu selama berabad-abad dikembalikan.

"Ini sepenuhnya logis bahwa orang Afrika harus mendapatkan kembali karya seni mereka," kata Abdou Latif Coulibaly.

"Karya-karya ini diambil dalam kondisi yang mungkin sah pada saat itu tetapi tidak sah hari ini."

Bulan lalu, sebuah laporan yang ditugaskan oleh Presiden Perancis Emmanuel Macron merekomendasikan museum Perancis mengembalikan sejumlah karya yang diambil tanpa persetujuan, jika negara-negara Afrika memintanya.

Emmanuel Macron menekankan soal "kejahatan tak terelakkan dari penjajahan Eropa," menambahkan bahwa "Saya tidak bisa menerima bahwa sebagian besar warisan Afrika ada di Perancis."

Museum baru di Dakar ini adalah pertanda terbaru bagi hadirnya ruang penyambutan bagi seluruh benua di Afrika sedang dipersiapkan, dan museum ini akan difokuskan pada Afrika dan diaspora-nya.