Logo ABC

Victoria Tingkatkan Sanksi Hukum Penimbun Bahan Kimia Berbahaya

Jaksa Agung Victoria Jill Hennessy mengatakan sanksi hukum bagi penimbun bahan kimia perlu diperkuat.
Jaksa Agung Victoria Jill Hennessy mengatakan sanksi hukum bagi penimbun bahan kimia perlu diperkuat.
Sumber :
  • abc

Pemerintah Victoria telah mengisyaratkan perlunya hukuman yang lebih keras untuk mencegah orang menimbun bahan kimia secara illegal. Usulan ini disampaikan menyusul penemuan timbunan bahan kimia berbahaya di pinggiran utara Melbourne minggu ini.

Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) negara bagian Victoria minggu ini menemukan timbunan bahan kimia "ilegal" di tujuh gudang di utara Melbourne, yang katanya terkait dengan penyelidikan terhadap kebakaran gudang West Footscray tahun lalu.

Kebakaran itu, yang dimulai pada 30 Agustus, memuntahkan asap hitam tebal di pinggiran barat kota ini dan memicu peringatan kesehatan dan keluhan pernafasan dari penduduk setempat dan sangat mencemari anak sungai di dekatnya.

EPA mengatakan jika bahan kimia yang ditemukan di empat situs di sekitar Epping dan tiga situs di seluruh Campbellfield yang terbakar, mereka akan menimbulkan risiko kesehatan dan lingkungan yang serupa dengan kebakaran yang terjadi di Footscray Barat.

Jaksa Agung Victoria Jill Hennessy mengatakan penemuan oleh EPA baru-baru ini menunjukkan bahwa sanksi hukum yang lebih kuat mungkin diperlukan.

Dia mengatakan hukuman di bawah UU Material Berbahaya - dengan ancaman sanksi hukum bisa mencapai $ 1 juta untuk sebuah perusahaan - masih jauh lebih ringan dibandingkan dengan UU sejenis yang berlaku di bawah UU Okupasi Kesehatan dan Keselamatan atau Occupational Health and Safety Act.

"Jadi saya pikir mungkin sudah waktunya bagi kita untuk melihat apakah perbedaan itu sedikit rusak."