Kunjungi Perbatasan, Trump Kembali Ancam Berlakukan Darurat Nasional

Presiden Amerika Serikat Donald Trump.
Sumber :
  • Twitter.com/@realDonaldTrump

VIVA - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengancam akan mengumumkan keadaan darurat nasional jika ia tidak bisa mencapai kesepakatan terkait pendanaan pembangunan tembok perbatasan.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Kemarin, Trump menghabiskan satu hari di Texas dekat perbatasan AS-Meksiko, untuk menarik perhatian lebih lanjut terkait masalah tembok perbatasan setelah negosiasinya dengan anggota parlemen tak membuahkan hasil.

Seperti diketahui, Trump keluar dari negosiasi dengan Demokrat terkait tembok perbatasan dan penutupan pemerintahan, dan menyebut pertemuan itu buang-buang waktu.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

"Saya belum siap untuk melakukan itu (menetapkan darurat nasional), tetapi jika saya harus melakukannya, saya akan melakukannya," kata Trump, seperti diberitakan South China Morning Post, Jumat 11 Januari 2019.

Belum diketahui apa kompromi yang mungkin terjadi. Trump mengatakan dia tidak akan membuka kembali pemerintahan, sampai uang untuk membangun tembok perbatasan disetujui oleh Kongres.

Donald Trump Siap Luncurkan TRUTH Social, Platform Medsos Tandingan

Trump meminta Kongres anggaran sebesar US$5.7 miliar atau setara Rp80triliun untuk membangun tembok tersebut.

Di sisi lain, pihak Demokrat mengaku mendukung langkah-langkah Trump untuk meningkatkan keamanan di perbatasan. Namun mereka menentang dibangunnya tembok panjang, yang tidak dapat ditembus, seperti yang direncanakan oleh Trump. (ren)

Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022