Logo ABC

Menteri Keuangan Australia Habiskan Rp 400 Juta Naik Pesawat Sendirian

Senator Mathias Cormann yang sekarang menjadi Menteri Keuangan merupakan anggota senior pemerintah Australia saat ini.
Senator Mathias Cormann yang sekarang menjadi Menteri Keuangan merupakan anggota senior pemerintah Australia saat ini.
Sumber :
  • abc

Menteri Keuangan Australia Mathias Cormann menaiki pesawat milik angkatan udara sendirian dan biaya perjalanan tersebut adalah $AAUD 37 ribu (sekitar Rp 400 juta) hanya untuk terbang guna melakukan lobi bagi rencana pengurangan pajak pemerintah.

Perjalanan Senator Cormann

  •  Mathias Cormann adalah satu-satunya penumpang dalam penerbangan dari Canberra ke Perth lewat Adelaide.
  •  Menteri tersebut ke Australia untuk melobi anggota parlemen dari partai lain mengenai rencana pengurangan pajak bisnis yang sekarang dibatalkan.
  •  Kantornya mengatakan ini masih sesuai aturan di mana pengguna fasilitas negara yang dibiayai pembayar pajak harus memiliki alasan kuat

ABC mendapat laporan bahwa tanggal 22 Juni lalu, sehari setelah parlemen Australia menyetujui pengurangan pajak pribadi bagi warga, Senator Cormann berada di Canberra di pagi hari dan memutuskan untuk mengunjungi ibukota Australia Selatan Adelaiide dalam perjalanan pulang ke konstituennya di Perth (Australia Barat).

Karena tidak tersedia penerbangan komersial untuk keperluan tersebut, Cormann kemudian meminta agar bisa menggunakan pesawat angkatan udara CL604 Challenger, dengan biaya 20 kali lipat lebih mahal dari penerbangan biasa.

Hal tersebut dilakukan agar dia bisa kembali ke Canberra dua hari kemudian.

Juru bicara Senator Cormann mengatakan "penggunaan pesawat khusus disetujui karena digunakan dengan benar guna memfasilitasi urusan resmi di Adelaide dari Canberra, sebelum ke Perth dalam masa persidangan selama dua minggu."