Logo BBC

Jenis Mineral Paling Langka Ditemukan Perusahaan Israel

Mineral carmeltazite yang langka bisa menjadikannya sebagai batu permata yang mahal. - Shefa Yamim
Mineral carmeltazite yang langka bisa menjadikannya sebagai batu permata yang mahal. - Shefa Yamim
Sumber :
  • bbc

Sebuah perusahaan pertambangan Israel telah menemukan mineral langka yang sebelumnya diketahui hanya ada di luar angkasa, demikain laporan surat kabar Israel, Haaretz .

Jenis mineral langka yang diberi nama c armeltazite itu secara resmi ditambahkan ke dalam daftar mineral pekan ini, setelah mengantungi izin International Mineralogical Association (IMA).

Taub Avi, direktur perusahaan eksplorasi tambang Israel terkemuka, Shefa Yamim, mengatakan mineral tersebut ditemukan oleh perusahaannya di bebatuan vulkanik di Lembah Sevulun, Israel utara.

Mineral tersebut ditemukan menempel di batu safir, mineral tersulit kedua setelah berlian. Batu terbesar yang ditemukan sejauh ini bernilai 33,3 karat.

Mineral itu diberi nama c armeltazite karena ditemukan di dekat Gunung Carmel dan menggabungkan unsur yang terkandung di dalamnya - titanium, aluminium dan zirkonium

Jenis mineral langka

Mineral baru bisa dikategorikan sebagai jenis langka jika komposisi dan struktur kristal serta sifat-sifatnya jauh berbeda dari spesies mineral yang ada, menurut Komisi IMA yang bekerja menangani mineral baru dan penamaan mineral.