Logo ABC

Aktivis Hewan Dituduh Bayar Rekaman Ekspor Ternak Hidup Australia

mccormack
mccormack
Sumber :
  • abc

Pemerintah Australia akan memeriksa dugaan baru tentang cara rekaman diperoleh dan digunakan dalam kampanye aktivis untuk menghentikan perdagangan ekspor ternak hidup.

Penjabat sementara Perdana Menteri Australia, Michael McCormack, mengatakan tuduhan di koran-koran besar bahwa rekaman dari kapal ternak hidup dibayar sungguh "mengerikan", tetapi mengatakan ia tidak tahu apakah ada kebenaran di balik klaim itu.

"Pemerintahan kami akan menyelidikinya, tentu saja, tapi apa yang ingin kami lakukan adalah terus bekerja dan terus memastikan (industri) ekspor ternak hidup punya masa depan," kata McCormack.

Harian The Daily Telegraph dan The Australian West menerbitkan tuduhan itu pada hari Kamis (17/1/2018), menyebut bahwa rekaman yang memperlihatkan domba dalam kondisi tertekan dibayar oleh sejumlah aktivis hewan sebagai bagian dari kampanye untuk melarang perdagangan itu.

ABC belum memverifikasi klaim itu atau menghubungi pelapor, Fazal Ullah, tentang kebenarannya.

"Video atau informasi apapun yang menimbulkan pemicu potensial untuk melakukan hal yang salah seharusnya, dalam kondisi apapun, tak diperjual belikan."

"Ini berlaku di semua industri dan semua pihak."

"Animals Australia perlu mengklarifikasi isu seputar pembayaran dan menangani masalah yang diajukan segera."