Kerusuhan Pecah di Athena Tolak Penggantian Nama Makedonia

Kerusuhan pecah di Athena terkait penggantian nama Makedonia
Sumber :
  • Sumber BBC

VIVA – Kerusuhan pecah antara demonstran dan polisi di Ibu Kota Yunani, Athena pada Minggu, 20 Januari 2019 terkait penggantian nama negara tetangga Yunani di bagian utara, Makedonia. Walaupun belum diresmikan namun nama Makedonia direncanakan bakal diganti menjadi Republik Makedonia Utara.

Estafet Obor Olimpiade Paris 2024 Dimulai! Dinyalakan dari Tempat Kelahiran di Yunani

Dilansir laman BBC, Perdana Menteri Yunani, Alexis Kammenos menyatakan dia yakin bahwa adanya pembelahan di koalisi terkait perubahan nama Makedonia akan bisa dicarikan jalan keluarnya.

Sementara Menteri Pertahanan, Panos Kammenos telah menarik dukungan partainya dan menyiratkan dia siap menjadi oposisi di Parlemen Athena bila aspirasi mereka tak dikabulkan.

Kereta Pembawa Lusinan Tank Amerika Dihadang Gerombolan Anggota Partai Komunis

Sementara sebelumnya, Yunani dan negara tetangganya sepakat akan diberi nama Makedonia Utara menyelesaikan perbedaan mereka selama 27 tahun terakhir. Makedonia juga sudah meratifikasi hasil kesepakatan itu.

Namun masyarakat nasionalis Yunani tak terima dan menyatakan bahwa nama Makedonia hanya boleh merujuk pada nama Makedonia yang tak lain adalah sebuah provinsi di wilayah yang menjadi bagian Yunani. Diketahui bahwa perselidihan mengenai wilayah dan nama area yang merdeka dari Yugoslavia sejak 1991 telah membuat Makedonia selama ini dalam status sebagai negara, tak bisa bergabung dengan NATO dan Uni Eropa.

Kongkalikong dengan Jerman, Yunani Kirim Ribuan Roket ke Ukraina
Fenomena Unik Langit Yunani, Warna Oranye Bak di Planet Mars

Gegara Gurun Sahara, Langit Yunani jadi Oranye bak di Planet Mars

Yunani berubah warna menjadi oranye pekat ketika awan debu yang bertiup melintasi Laut Mediterania dari Afrika Utara menyelimuti daerah Acropolis dan landmark kota Athena

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024