Presiden Zimbabwe Batal ke Pertemuan Ekonomi Davos Gara-gara Demo

Protes massa pecah di Harare, Zimbabwe akibat naik harga BBM
Sumber :
  • Sumber: BBC

VIVA – Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa membatalkan kunjungannya ke Eropa menyusul makin besarnya aksi massa dan demonstrasi yang terjadi di negaranya sebagaimana dikutip dari pemberitaan BBC.

Meet Vadoma Tribe: African People with Ostrich Feet

Padahal sedianya, Presiden Mnangagwa akan menghadiri pertemuan ekonomi tingkat tinggi di Davos yang menurut dia bisa diharapkan sebagai salah satu pintu untuk membuka investasi luar negeri masuk ke negaranya.

Sementara itu, menteri di kabinet Presiden Mnangagwa menyebut bahwa oposisi yaitu koalisi MDC sengaja mengkapitalisasi isu kenaikan harga bahan bakar minyak sebagai upaya "mempertahankan" protes yang juga mengarah pada aksi-aksi kekerasan tersebut.

Mengenal Suku Vandoma, Warganya Punya Kaki seperti Burung Unta

Namun, MDC justru menuding pemerintah yang melakukan pembungkaman brutal terhadap aksi protes yang terjadi. 

Sebelumnya Presiden Zimbabwe menaikkan harga bahan bakar minyak atau BBM sejak pekan lalu yang menyebabkan demo besar-besaran di Ibu Kota Zimbabwe, Harare hingga meluas ke bagian barat daya yaitu Bulawayo. Menurut kelompok masyarakat sipil, setidaknya 12 orang tewas akibat adanya kerusuhan ini. Meski otoritas belum merilis resmi jumlah korban. (art)

Skema Belt and Road Initiative Diklaim 'Jebakan Utang' China, 5 Negara Ini Korbannya
Ilustrasi hukuman mati

Terapkan Hak untuk Hidup, Zimbabwe Hapus Hukuman Mati

Kabinet Zimbabwe pada Selasa, 6 Februari 2024, menyetujui penghapusan hukuman mati dan, sebagai gantinya, mendukung penerapan hukuman penjara seumur hidup.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2024