Logo ABC

China Kukuhkan Tahan Penulis Australia Asal Tiongkok Yang Hengjun

Keberadaan Yang Hengjun tidak diketahui sejak dia tiba di Guangzhou dari New York seminggu lalu.
Keberadaan Yang Hengjun tidak diketahui sejak dia tiba di Guangzhou dari New York seminggu lalu.
Sumber :
  • abc

Kedutaan Australia di Beijing mengatakan bahwa seorang penulis Australia kelahiran China yang hilang setelah tiba di bandara Guangzhou minggu lalu telah ditahan pihak berwenang China.

Penahanan Yang Hengjun Teman-teman Yang Hengjun mengatakan dia dibawa oleh polisi China minggu lalu Kabar mengenai penulis tidak ada lagi sejak itu dan juga dia tidak menggunakan media sosial Penahanannya terjadi di saat Menteri Pertahanan Christopher Pyne berkunjung ke Beijing

China memberitahu kedutaan bahwa mereka menahan blogger terkenal yang juga seorang komentator politik yang kritis Yang Hengjun.

Demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT) hari Rabu (23/1/2019).

Menurut DFAT, pejabat Australia sejauh ini belum bisa bertemu dengan pria berusia 53 tahun tersebut.

"DFAT sedang berusaha mencari kejelasan mengenai penahanan dan guna mendapatkan akses konsuler, sebagai langkah prioritas, sesuai dengan perjanjian konsuler bilateral." kata pernyataan DFAT.

Juru bicara Departemen Luar Negeri China sebelumnya dalam jumpa pers mengatakan dia tidak mengetahui adanya kasus penahanan tersebut.