Logo BBC

Pembebasan Ahok Turut Menarik Pemberitaan Media-media Massa Asing

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (tengah) berfoto dengan kerabatnya di Jakarta, Kamis (24/1/2019). - ANTARA FOTO/HO/Tim BTP
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (tengah) berfoto dengan kerabatnya di Jakarta, Kamis (24/1/2019). - ANTARA FOTO/HO/Tim BTP
Sumber :
  • bbc

Pembebasan mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, dari rumah tahanan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Kamis (24/1) pagi, ramai dibahas oleh warganet dengan menggunakan beberapa tagar berbeda.

Beberapa tagar atau ungkapan yang beredar luas di media sosial termasuk #WelcomeBackBTP, #AhokBebas, #BTPpulang, Pak BTP, dan Pak Ahok.

Namun dari beberapa tagar tersebut, #WelcomeBackBTP menjadi yang terpopuler. Tercatat, ada hampir 40.000 cuitan terkait tagar tersebut dalam tiga hari terakhir sampai tulisan ini dibuat.

Di media sosial, warganet pun banyak yang mengunggah tribut atau penghormatan dan ucapan harapan terhadap Basuki Tjahaja Purnama.

Media Australia, Sydney Morning Herald, menulis bahwa bebasnya Ahok adalah "pengingat" akan undang-undang penistaan agama yang sudah "digunakan sebagai senjata" di Indonesia, sementara itu, South China Morning Post di Hong Kong menulis bahwa Ahok, "Keluar dari Penjara...Ke Pelukan Pengawal Mantan Istrinya".

Di AS, New York Times menyebut bahwa setelah bebas dari penjara, Ahok akan, "berdoa di kuburan ayahnya dan melakukan perjalanan ke luar negeri untuk menghindari keramaian politik Indonesia".

Sebelumnya, dari penjara, Ahok menulis surat meminta pendukungnya untuk tidak golput pada pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) pada tanggal 17 April 2019 mendatang.