Jet Tempur AS dan Kanada Halau Pesawat Pengebom Rusia di Langit Alaska

Ilustrasi jet tempur
Sumber :
  • Twitter @JamesDrewNews

VIVA – Jet tempur Amerika Serikat dan Kanada bergegas mengawal dua pesawat pengebom strategis milik Rusia yang terbang menuju garis pantai Amerika Utara.

Kerjasamanya dengan Iran dan Rusia Disebut Sumber Kejahatan oleh AS, China Murka

Menurut North American Aerospace Defense Command (NORAD), dua jet F-22 dan dua CF-18 mengidentifikasi pesawat berkemampuan nuklir milik Rusia ketika memasuki area dekat Alaska yang wilayahnya sedang diawasi oleh Angkatan Udara Kanada.

NORAD merupakan organisasi bersama antara Kanada dan Amerika Serikat yang berfungsi memberi peringatan terkait dengan kedaulatan dan pertahanan udara untuk kedua negara. NORAD berpatroli di wilayah angkasa AS dan Kanada dengan menggunakan radar, satelit, serta pesawat tempur.

Deretan Negara yang Dianggap Paling Siap Hadapi Perang Dunia 3

Setelah mendapatkan informasi tersebut, Angkatan Udara AS langsung mengirim pesawat dari pangkalan udara di Alaska. September 2018, jet tempur Angkatan Udara AS juga dua kali mencegat dua pesawat pengebom Rusia di Alaska.

"Prioritas utama NORAD adalah membela Kanada dan Amerika Serikat," kata Komandan NORAD, Jenderal Terrence Johaughnessy seperti dikutip dari Independent, Senin 28 Januari 2019.

Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan, AS Sebut Mereka sebagai Sumber Kejahatan

"Kemampuan kami untuk melindungi negara-negara kami yaitu dimulai dengan mendeteksi, melacak dan mengidentifikasi secara positif pesawat terbang yang mendekati wilayah udara AS dan Kanada," tuturnya. (art)

Presiden Kolombia (Doc: ANews)

Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO

Moskow mengerahkan rudal nuklir taktis di Belarus tahun lalu di tengah ketegangan dengan NATO, menyusul invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024